Senin, 08 April 2019

resensi buku Psikologi Pendidikan (Membantu Siswa Tumbuh dan Berkembang)


Resensi Buku 

Judul buku      : Psikologi Pendidikan (Membantu Siswa Tumbuh dan  Berkembang)
Pengarang       : Jeanne Elllis Ormrod
Alih bahasa     : Prof. Dr. Amitya Kumara
Penerbit           : Erlangga
Tahun  Terbit   : 2008 (Jilid 2)
Kota Terbit      : Jakarta
No. ISBN        : 978-979-075-874-2
Tebal Buku      : 434 halaman
                        Oleh: Rahma Mustika Kanapi
Isi Resensi:
Buku ini, memuat banyak penguasaan mengenai keterampilan mengajar yang efektif untuk memahami pengetahuan yang lahir dari masing-masing bakat seorang anak. Hal ini tidak saja dapat dilihat dari beberapa kompeten seorang pendidik menguasai bidang yang ia punya, melainkan juga dari seeberapa mampu ia mempresentasikan suuatu topi atau pembahasan serta mendemonstrasikan suatu keterampilan yang ia mampu untuk memancing siswa memahami dan menguasai pengetahuan tersebut.
Buku ini banyak dilengkapi fitur-fitur menarik yang akan mendorong untuk melakukan hal-hal yang ada dalam buku ini. Seorang guru akan lebih baik saat mengajar kepada peserta didik dengan mempelajari dan mengaplikasikan psikologi pendidikan karena hal ini akan sangat berpengaruh penting dalam proses pembeljaran serta perkembangan anak diidk. Keterampilan mengajar juga memerlukan pengetahuan mengenai proses pembelajaran padaa manusia, motivasi tren perkembangan, perbedaan individual dan perbedaan kelompok, dan praktik-praktik pembeljaran intruksi dan asesmen yang efektif.
Dalam Bab 10 membahas tentang pandangan kognitif sosial tentang belajar, yang memuat beberapa hal diantara nya bagaimana model yang memengaruhi perilaku serta karaktertik model yang efektif. Dalam Bab 11 membahas tentang motivasi dan afek yang memuat hakikat motivasi, kebutuhan manusia, afek dan pengaruh-pengaruhnya, keberagaman dalam motivasi dan afek. Dalam Bab 12 membahas tentang faktor-faktor kognitif dalam motivasi yang memuat kaitan antara kognisi dan motivasi minat, Eksplorasi dan Nilai, Atribusi, Ekspektasi dan Atribut Guru, serta keberagaman dalam aspek-aspek Kognitif Motivasi. Dalam Bab 13 membahas tentang strategi-strategi Pengajaran yang mecakup merencanakan Pengajaran,strategi ekspositoris, akitivitas langsung dan aktivitas praktek, pendekatan interaktif dan kolaboratif serta mempertimbangkan keberagaman kelompok. Pada Bab 14 membahas tentang menciptakan lingkungan beljar yang produktif yang mencakup menyikapi perilkau yang tidak sesuai. Pada Bab 15 membahas tentang strategi-strategi Asesmen di kelas yang menckup beragam asesmen yang dibahas. Pada Bab 16 membahas tentang merangkum prestasi siswa yang dilengkapi dengan beberapa cara merangkum serta menentukan nilai akhir siswa.
 
Kelebihan Buku:
1.      Dalam buku ini memuat fitur-fitur dan gambar yang dapat  menarik minat pembaca untuk memahaminya
2.      Dilengkapi latihan untuk menguji pemahaman pembaca
3.      Buku terlalu tebal
Kekurangan Buku:
1.      Tulisan yang terdapat pada buku ini terlalu kecil sehingga membuat pembaca kesulitan dalam membacanya


Tidak ada komentar:

Posting Komentar