Resensi
Buku
Judul buku : Psikologi
Pendidikan (Membantu Siswa Tumbuh dan
Berkembang)
Pengarang : Jeanne
Elllis Ormrod
Alih bahasa : Prof. Dr.
Amitya Kumara
Penerbit : Erlangga
Tahun Terbit : 2008 (Jilid 2)
Kota Terbit : Jakarta
No. ISBN : 978-979-075-874-2
Tebal Buku : 434 halaman
Oleh:
Rahma Mustika Kanapi
Isi Resensi:
Buku
ini, memuat banyak penguasaan mengenai keterampilan mengajar yang efektif untuk
memahami pengetahuan yang lahir dari masing-masing bakat seorang anak. Hal ini
tidak saja dapat dilihat dari beberapa kompeten seorang pendidik menguasai
bidang yang ia punya, melainkan juga dari seeberapa mampu ia mempresentasikan
suuatu topi atau pembahasan serta mendemonstrasikan suatu keterampilan yang ia
mampu untuk memancing siswa memahami dan menguasai pengetahuan tersebut.
Buku
ini banyak dilengkapi fitur-fitur menarik yang akan mendorong untuk melakukan
hal-hal yang ada dalam buku ini. Seorang guru akan lebih baik saat mengajar
kepada peserta didik dengan mempelajari dan mengaplikasikan psikologi
pendidikan karena hal ini akan sangat berpengaruh penting dalam proses
pembeljaran serta perkembangan anak diidk. Keterampilan mengajar juga
memerlukan pengetahuan mengenai proses pembelajaran padaa manusia, motivasi
tren perkembangan, perbedaan individual dan perbedaan kelompok, dan
praktik-praktik pembeljaran intruksi dan asesmen yang efektif.
Dalam
Bab 10 membahas tentang pandangan kognitif sosial tentang belajar, yang memuat
beberapa hal diantara nya bagaimana model yang memengaruhi perilaku serta
karaktertik model yang efektif. Dalam Bab 11 membahas tentang motivasi dan afek
yang memuat hakikat motivasi, kebutuhan manusia, afek dan pengaruh-pengaruhnya,
keberagaman dalam motivasi dan afek. Dalam Bab 12 membahas tentang
faktor-faktor kognitif dalam motivasi yang memuat kaitan antara kognisi dan
motivasi minat, Eksplorasi dan Nilai, Atribusi, Ekspektasi dan Atribut Guru,
serta keberagaman dalam aspek-aspek Kognitif Motivasi. Dalam Bab 13 membahas
tentang strategi-strategi Pengajaran yang mecakup merencanakan
Pengajaran,strategi ekspositoris, akitivitas langsung dan aktivitas praktek,
pendekatan interaktif dan kolaboratif serta mempertimbangkan keberagaman
kelompok. Pada Bab 14 membahas tentang menciptakan lingkungan beljar yang
produktif yang mencakup menyikapi perilkau yang tidak sesuai. Pada Bab 15
membahas tentang strategi-strategi Asesmen di kelas yang menckup beragam
asesmen yang dibahas. Pada Bab 16 membahas tentang merangkum prestasi siswa
yang dilengkapi dengan beberapa cara merangkum serta menentukan nilai akhir
siswa.
Kelebihan Buku:
1.
Dalam
buku ini memuat fitur-fitur dan gambar yang dapat menarik minat pembaca untuk memahaminya
2.
Dilengkapi
latihan untuk menguji pemahaman pembaca
3.
Buku
terlalu tebal
Kekurangan
Buku:
1.
Tulisan
yang terdapat pada buku ini terlalu kecil sehingga membuat pembaca kesulitan
dalam membacanya
Tidak ada komentar:
Posting Komentar