Senin, 08 April 2019

resensi buku Perkembangan Peserta Didik oleh rachma el-hana


Resensi Buku


          Judul buku      : Perkembangan Peserta Didik
Pengarang       : Prof. Dr. Sudarwan Danim
Penerbit           : Alfabeta cv
Tahun  Terbit   : 2010
Cetakan Ke-    : 1
Kota Terbit      : Bandung
No. ISBN        : 978-602-8800-43-3
Tebal Buku      : 181 Halaman
                                         Oleh: Rahma Mustika Kanapi
 Isi Resensi:
Buku ini utamanya layak dibaca oleh mahasiswa yang menekuni matakuliah perkembangan peserta didik atau psikologi perkembangan, guru, kepala sekolah, dan pengawas sekolah akan mengambil  manfaat dari buku ini, karena dipandang sangat relevan dengan pengarusutamaan tugas dan fungsi mereka sebagai pendidik dan tenaga kependidikan. Oleh karena itu menu sajian buku tidak mendiskriminasi siapa pun, tenntu saja semua pihak akan memperoleh manfaat tersendiri dengan membaca buku ini.
Buku ini terbagi dalam XVI bab. Pad Bab I membahas tentang definisi, hakikat, dan kebutuhan peserta didik. Pad Bab II membahas tentang hakikatt pertumbuhan dan perkembangan. Pada Bab III membahas tentang asumsi dan simensi perkembangan peserta didik. Pada Bab IV membahas tentang multidimensi perkembangan peserta didik. Pada Bab V membahas tentang perkembangan anak usia 0-2 tahun. Pada Bab VI membahas tentang perkembangan peserta didik anak usia 2-6 tahun. Pada Bab VII membahas tentang perkembangan peserta didik anak usia sekolah dasar. Pada Bab VIII membahas tentang perkembangan peserta didik usia sekolah menengah. Pada Bab IX membahas tentang tugas-tugas perkembangan peserta didik. Pada Bab X membahas tentang dimensi dan tugas-tugas perkembangan peserta didik. Pada Bab XI membahas tentang perkembanagan kepribadian peserta didik dengan kecerdasan ganda. Pada Bab XII membahas tentang perkembangan kreativitas peserta didik. Pada Bab XIII membahas tentang perkembnagan dalam kelompok sebaya. Pada Bab XIV membahas tentang BK untuk optimasi perkembangan peserta didik. Pada Bab XV membahas tentang psikologi pendidikan dan optimasi perkembangan peserta didik. Pada Bab XVI membahas tentang orientasi belajar peserta didik yang dewasa.

Kelebihan Buku:
1.      Buku tidak terlalu tebal
2.      Bahasa yang digunakan efektif sehingga memudahkan pembaca untuk memahaminya
Kekurangan Buku:
1.      Kurang dilengkapi fitur-fitur gambar ataupun tabel serta penjelasannya


Tidak ada komentar:

Posting Komentar