Senin, 08 April 2019

resensi buku Pendidikan Guru Berdasarkan Pendekatan Kompetensi oleh rachma el-hana


Resensi Buku


           Judul buku      : Pendidikan Guru Berdasarkan                    Pendekatan Kompetensi
Pengarang       : Prof. DR. Oemar Hamalik
Penerbit           : PT. Bumi Aksara
Tahun  Terbit   : 2006
Cetakan Ke-    : 4
Kota Terbit      : Jakarta
No. ISBN        : 979-526-769-8
Tebal Buku      : 233 Halaman
                                          Oleh: Rahma Mustika Kanapi
Isi Resensi:
Sistem pendidikan guru sebagai suatu sub sistem pendidikan nasional merupakan faktor kunci dan memiliki peran yang sangat strategis. Pada hakikatnya, penyelenggaraan dan keberhasilan proses pendidikan pada semua jenjang dan semua satuan pendidikan ditentukan oleh faktor guru, di samping perlunya unsur-unsur penunjang lainnya. Kualitas kemampuan guru yang rendah akan berdampak pada rendahnya mutu pendidikan. Sedangkan derajat kemampuan guru sejak mula disiapkan pada suatu lembaga pendidikan guru, baik secara berjenjang maupun secara keseluruhan.
Derajat kualitas pendidikan guru ditentukan oleh tingkat kualitas semua komponen yang masing-masing memberikan kontribusi terhadap sistem pendidikan guru secara keseluruhan. Komponen-komponen tersebut adalah siswa calon guru, pendidik, pembimbing calon guru, kurikulum, strategi pembelajaran, media instruksional, sarana dan prasarana, waktu dan ketersediaan dana, serta masyarakat dan sosial budaya. Semuanya memberikan pengaruh dan warna terhadap proses pendidikan guru dalam upaya mencapai tujuan sistem pendidikan guru, yang hasil atau lulusannya dapat diketahui secara menyeluruh dan berkesinambungan.
Pada Bab I membahas tentang pendahuluan yakni kependidikan. Pada Bab II membahas tentang masalah guru dan pengembangan kurikulum. Pada Bab III membahas tentang kompetensi profesional Guru. Pada Bab IV membahas tentang kriteria kurikulum pendidikan guru. Pada Bab V membahas tentang konsep PBTE dan desain instruksional. Pada Bab VI membahas tentang program pendidikan guru. Pada Bab VII membahas tentang strategi instruksional dalam proses pendidikan guru. Pada Bab VIII membahas tentang pengajaran mikro dalam program pendidikan guru. Pada Bab IX membahas tentang beberapa model praktek kependidikan. Pada Bab X membahas tentang evaluasi pendidikan guru.
Kelebihan Buku:
1.      Bahasa yang digunakan dalam buku ini sangat efektif sehingga mudah untuk difahami
2.      Buku tidak terlalu tebal
3.      Dilengkapi pembahasan mengenai jenis-jenis perkembangan yang dapat menambah wawasan pembaca
Kekurangan Buku:

1.      Kurang dilengkapi fitur-fitur gambar ataupun tabel serta penjelasannya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar