Resensi Buku
Judul buku : Interaksi
dan Motivasi Belajar Mengajar
Pengarang : Sardiman
Penerbit : PT. Raja Grafindo Persada
Tahun Terbit :
2012
Cetakan Ke- : 21
Kota Terbit : Jakarta
No. ISBN : 979-421-051
Tebal Buku : 233 Halaman
Oleh:
Rahma Mustika Kanapi
Isi Resensi:
Dalam
buku ini berbicara beberapa konsep tentang belajar-mengajar serta masih
bersifat global dan mengugkap masalah-masalah konseptual, sehingga
operasioanalisasinya harus dikembangkan melalui berbgai kesempatan tatap muka.
Mulai edisi atau cetakan kesepuluh (2003) buku ini mengalami revisi atau
beberapa tambahan materi, yakni tentang teori rekonstrutivisme dan pembelajaran
dengan Contextual teaching and Learning
(CTL). Hal ini dimaksutkan untuk menyongsong pelaksaan kurikulum yang berbasis
kompetensi.
Didalam
kurikulum baru itu dideskripsikan bahwa mata kuliah ‘interaksi
belajar-mengajar” menyangkut pemahaman tentang dasar-dasar dan cara memotivasii
kegiatan belajar siswa dan latihan mengelola interaksi belajar-mengjar yang
efektif dalam pengajaran oleh karena itu
untuk menopang materi mata kuliah tersebut, buku ini akan berbicara beberapa
konsep-konsep tentang belajar-mengajar.
Pada
Bab I membahas tentang pendahuluan. Pada Bab II membahas tentang pemahamn awal
melalui innteraksi edukatif. Pada Bab III membahas tentang konsaep beljara dan
mengajar. Pada Bab IV membahas tentang tujuan pendidikan dan pengajaran sebagai
dasar motivasi. Pada Bab V membahas
tentang motivasi dan aktivitas dalam belajar. Dalam Bab VI membahas tentang hakikat anak didik. Pada Bab VII membahas
tentang kedudukan Guru. Pada Bab VIII membahas tentang pengelolaan interaksi
belajar-mengajar.
Kelebihan Buku:
1.
Bahasa
yang digunakan dalam buku ini sangat efektif sehingga mudah untuk difahami
2.
Buku
tidak terlalu tebal
3.
Dilengkapi
pembahasan mengenai jenis-jenis perkembangan yang dapat menambah wawasan
pembaca
Kekurangan Buku:
1.
Kurang
dilengkapi fitur-fitur gambar ataupun tabel serta penjelasannya
Tidak ada komentar:
Posting Komentar