Resensi
Buku
Judul buku : Orientasi
Baru Dalam Psikologi Pembelajaran
Pengarang : Dr. Hamzah
B. Uno, M.Pd.
Penerbit : PT. Bumi Aksara
Tahun Terbit :
2008
Cetakan Ke- : 3
Kota Terbit : Jakarta
No. ISBN : 979-526-242-4
Tebal Buku : 232 Halaman
Oleh:
Rahma Mustika Kanapi
Isi Resensi:
Pembelajaran
dalam suatu definisi dipandang sebagai upaya memengaruhi siswa agar belajar
atau secara singkat membelajarkan siswa. Kajian dalam tulisan ini berpijak pada
definisi pembelajaran sebagai upaya membelajarkan siswa, dan proses belajar
sebagai pengaitan pengetahuan baru pada struktur kognitif yang sudah dimiliki
siswa. Pengaitan-pengaitan ini akan membentuk struktur kognitif baru yang lebih
mantap, yang dapat dipandang sebagai hasil belajar. Konsepsi ini akan menjadi
pijakan dalam identifikasi dan pengembangan strategi pembelajaran pembelajaran
yang diiuraikan dalam buku ini.
Kajian
buku ini kiranya dapat memberikan gambaran tentang perbedaaan pandangan tentang
pembelajaran dan pengajaran tesebut, disamping mahasiswa, guru, instruktur atau
dosen dapat mempelajari teori-teori belajar yang dapat diterapkan dalam pembelajaran.
Dalam
Bab I membahas tentang sumber pengetahuan tentang belajar. Pada Bab II membahas
tentang teori belajar dan pengaruhnya pada perkembangan tingkah laku manusia.
Pada Bab III teori kepribadian behaviorisme. Pada Bab IV membahas tentang tiga
alternatif pendekatan pembelajaran ditinjau dari sudut pandang psikologi. Pada
Bab V membahas tentang kecerdasan emosional. Pada Bab VI membahas tentang
kecerdasan emosional pada anak. Pada Bab VII membahas tentang pembelajaran
emosiona dan kaitannya dengan kepribadian. Pada Bab VIII membahas tentang
mendesain pembelajaran berdasarkan kompetensi. Pada Bab IX membahas tentang
desain pesan dan karakteristik siswa dalam teknologi pendidikan. Pada Bab X
membahas tentang peningkatan kulaitas keterampilan mengajar. Pada Bab XI
membahas tentang gaya belajar dan gaya kognitif dalam pembelajaran. Pada Bab
XII membahas tentang observation learning. Pada Bab XII membahas tentang
manajemen diri dalam pembelajaran.
Kelebihan Buku:
1.
Buku
tidak terlalu tebal
2.
Bahasa
yang digunakan sangat efektif sehingga memudahkan pembaca dalam memahaminya
Kekurangan Buku:
1.
Kurang
dilengkapi fitu-fitu gambar ataupun tabel serta penjelasannya
Tidak ada komentar:
Posting Komentar