Senin, 08 April 2019

resensi buku Orientasi Baru Dalam Psikologi Pembelajaran oleh rachma el-hana


                                                             Resensi Buku                                                


        Judul buku      : Orientasi Baru Dalam Psikologi                 Pembelajaran
Pengarang       : Dr. Hamzah B. Uno, M.Pd.
Penerbit           : PT. Bumi Aksara
Tahun  Terbit   : 2008
Cetakan Ke-    : 3
Kota Terbit      : Jakarta
No. ISBN        : 979-526-242-4
Tebal Buku      : 232 Halaman
                                            Oleh: Rahma Mustika Kanapi
Isi Resensi:
Pembelajaran dalam suatu definisi dipandang sebagai upaya memengaruhi siswa agar belajar atau secara singkat membelajarkan siswa. Kajian dalam tulisan ini berpijak pada definisi pembelajaran sebagai upaya membelajarkan siswa, dan proses belajar sebagai pengaitan pengetahuan baru pada struktur kognitif yang sudah dimiliki siswa. Pengaitan-pengaitan ini akan membentuk struktur kognitif baru yang lebih mantap, yang dapat dipandang sebagai hasil belajar. Konsepsi ini akan menjadi pijakan dalam identifikasi dan pengembangan strategi pembelajaran pembelajaran yang diiuraikan dalam buku ini.
Kajian buku ini kiranya dapat memberikan gambaran tentang perbedaaan pandangan tentang pembelajaran dan pengajaran tesebut, disamping mahasiswa, guru, instruktur atau dosen dapat mempelajari teori-teori belajar yang dapat  diterapkan dalam pembelajaran.
Dalam Bab I membahas tentang sumber pengetahuan tentang belajar. Pada Bab II membahas tentang teori belajar dan pengaruhnya pada perkembangan tingkah laku manusia. Pada Bab III teori kepribadian behaviorisme. Pada Bab IV membahas tentang tiga alternatif pendekatan pembelajaran ditinjau dari sudut pandang psikologi. Pada Bab V membahas tentang kecerdasan emosional. Pada Bab VI membahas tentang kecerdasan emosional pada anak. Pada Bab VII membahas tentang pembelajaran emosiona dan kaitannya dengan kepribadian. Pada Bab VIII membahas tentang mendesain pembelajaran berdasarkan kompetensi. Pada Bab IX membahas tentang desain pesan dan karakteristik siswa dalam teknologi pendidikan. Pada Bab X membahas tentang peningkatan kulaitas keterampilan mengajar. Pada Bab XI membahas tentang gaya belajar dan gaya kognitif dalam pembelajaran. Pada Bab XII membahas tentang observation learning. Pada Bab XII membahas tentang manajemen diri dalam pembelajaran.
Kelebihan Buku:
1.      Buku tidak terlalu tebal
2.      Bahasa yang digunakan sangat efektif sehingga memudahkan pembaca dalam memahaminya
Kekurangan Buku:
1.      Kurang dilengkapi fitu-fitu gambar ataupun tabel serta penjelasannya



Tidak ada komentar:

Posting Komentar