Resensi Buku
Judul buku : Psikologi Belajar
Pengarang : Muhibbin
Syah
Penerbit : PT. Raja Grafindo
Tahun Terbit :
2012
Cetakan Ke- : 12
Kota Terbit : Jakarta
No. ISBN : 979-421-933-9
Tebal Buku : 256 Halaman
Oleh:
Rahma Mustika Kanapi
Isi Resensi:
Dalam
buku psikologi belajar ini, Muhibbin Syah menekankan perlunya tenaga pendidik
dibekali dengan aneka ragam pengetahuan psikologis yang sesuai dengan tuntutan
zaman dan kemajuan sains dan teknologi. Karena di era globalisasi dan reformasi
diperlukan adanya teori-teori pendidikan sebagai adaptasi terhadap
perubahan-perubahan yang terjadi baik di Indonesia maupun diluar negeri.
Pada
Bab I buku ini membahs tentang intisarai buk serta pendekatan [sikologisnya
yaitu psikologi kognitif. Pada Bab II membahas tentang perkembangan psiko-fisik
siswa yang meliputi perkembangan fisik-motorik, kognitif, dan perkembangan
sosial dan moral. Pada Bab III membahas
tentang konsep belajar dimulai dengan bahasan mengenai arti dan pentingnya
belajar bagi perkembangan dan kehidupan manusia. Pada Bab IV membahas tentang
karakteristik, manifestasi dan ragam belajar. Pada Bab V membahas tentang efesiensi belajar ditinjau dari sudut usaha
dan dasar sudut hasil. Pada Bab VI membahas tentang topik-topik yang amat
penting dalam psikologi belajar ialah mengena transfer belajar. Pada Bab VII
membahas tentang evaluasi dan prestasi belajar, termasuk evaluasi prestasi
afektif dan psikomotor.
Kelebihan Buku:
1.
Buku
ini dilengkapi dengan ayat-ayat Al-Qur’an untuk yang menunjang pada tiap-tiap
tema
2.
Menyajikan
sebuah materi yang perluu diketahui terkait pda psikologi belajar
3.
Dalam
buku ini memuat ulasan mulai dari pengertian dan ruang lingkup psikologi
belajar, masalah belajar dan lain-lain
Kekurangan
Buku:
1.
Kurang
dilengkapi fitur-fitur gambar yang mendukung ilustrasi yang dijelaskan
2.
Bahasa
yang digunakan sulit dipahami bagi kaum awam
3.
Struktur
kalimat buku ini belum rapi sehingga pembaca sedikit mengalami kesulitan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar