Minggu, 18 Oktober 2020

 

PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI DALAM MENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN

1.      1. Pengertian Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)

Di era globalisasi, teknologi tidak dapat dipisahkan dari berkembangnya dunia. Teknologi memberikan banyak perubahan dunia. di era ini, penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) tidak mengenal usia. dari usia kanak-kanak, muda hingga tua. Hal ini menggambarkan bahwa teknologi sangat dibutuhkan oleh banyak kalangan usia. Sebelum mengetahui lebih dalam mengenai manfaat dan pentingnya Teknologi Informasi dan Komunikasi, perlu kita ketahui mengenai pengertian Istilah yang sudah tidak asing ini.

Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) merupakan salah satu bagian dari Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) yang secara umum termasuk semua teknologi yang berhubungan dengan pengambilan, pengumpulan, pengolahan penyimpanan, penyebaran, dan penyajian informasi.[1] Teknologi Informasi dan Komuikasi (TIK) merupakan gabungan dari dua konsep yakni Information Technology dan Communication Technology.

Secara umum, teknologi informasi (Information Technology) tidak berbeda dengan teknologi lainnya, hanya informasi merupakan suatu benda nyata yang diolah dengan teknologi tersebut.[2]

Menurut Wardiana, teknologi informasi adalah salah satu teknologi yang berguna untuk mengolah, memproses, mendapatkan, menyusun, menyimpan, memanipulasi data dalam berbagi cara untuk menghasilkan informasi yang berkualitas. Maksutnya, cara yang lebih praktis bisa didapatkan dengan teknologi informasi sehingga meminimalisir kesalahan dan memberikan hasil yang lebih baik.[3]

Dari beberapa penjelasan diatas, bisa dipahami bahwa Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) adalah semua teknologi yang digunakan untuk pengambilan, pengumpulan (akuisisi), pengolahan, penyimpanan, penyebaran, dan proses penyajian informasi yang dapat dihasilkan dengan cara yang lebih praktis.

Namun, perlu diperhatikan mengenai pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi bagi pengguna. Sebab kesalahan dalam penggunaan akan mengakibatkan dampak negatif bagi pengguna. Pemakaian teknologi juga perlu memperhatikan kebutuhan pengguna tersebut agar pemanfaatan teknologi dapat maksimal.

2.      2. Kualitas Pembelajaran

Kualitas merupakan suatu bobot yang dapat mempertimbangkan suatu kemajuan yang dicapai. Kualitas atau tidaknya suatu pembelajaran bisa terlihat dari kemajuan peserta didik, fasilitas dan pendidik serta proses pembelajaran yang efektif. Pemebeljaran yang efektif merupakan proses pembelajaran yang mencapai tujuan serta efisien dan menyenangkan.

Kualitas pembelajaran dapat dilihat dari dua segi yakni segi proses dan segi hasil. Pada segi proses menggambarkan upaya-upaya dalam memperbaiki kualitas belajar yang mengarah padamunculnya prakasa belajar peserta didik. Sedangkan pada segi hasil mengacu pada kualitas pembelajaran yang dilihat dari gambaran pada segi proses serta pencapaian tujuan pembelajaran yang dicapai hingga perubahan lebih baik dari proses-proses sebelumnya.[4]

3. 3. Pemanfaatan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran

Pentingnya pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi perlu memperhatikan kondisi dan potensi siswa dalam proses pembelajaran. Sekolah perlu menyediakan fasilitas yang memadai untuk memberikan pembelajaran bagi peserta didik. Pentingnya pemanfaatan TIK dalam proses pembelajaran sebagai pengoptimalan.

Menurut siahan dalam Cristina memberikan gambaran mengenai manfaat TIK dalam proses pembelajaran guna untuk memfasilitasi dan mengoptimalkan antara lain:

1.      Membuat konkrit hal-hal materi yang belum jelas

2.      Membawa contoh yang sekiranya berbahaya atau sukar dalam proses pembelajaran. Contohnya binatang-binatang buas

3.      Menampilkan obyek yang terlalu besar dalam proses pembelajaran. Contohnya candi borobudur, pasar dan lain sebagainya.

4.      Menampilkan benda-benda yang tidak dapat dilihat langsung oleh mata telanjang. Seperti mikro organisme.

5.      Mengamati gerakan-gerakan yang terlalu cepat sehingga tidak bisa diperhatikan jika hanya melalui mata. Misalnya dengan slow motion atau time lapse photograpy.

6.      Dapat memberi kesempatan siswa untuk berinteraksi langsung dengan lingkungannya.

7.      Memungkinkan keseragaman pengamatan dan persepsi bagi pengalaman peserta didik.

8.      Menambah motivasi kepada peserta didik.

9.      Menyajikan materi dengan akurat, berkualitas dan dapat diulang penggunaannya atau disimpan sesuai kebutuhan.

10.  Menyajikan pesan belajar secara serempak untuk lingkup sasaran yang sedikit/kecil atau banyak/luas, mengatasi batasan waktu maupun ruang dimana saja.[5]

Pada ruang lingkup pendidikan formal, TIK memiliki segudang fungsi dalam proses pembelajaran diantaranya: sebagai alat bantu pembelajaran,fasilitas pendidikan, standar kompetensi, alat bantu menejemen sekolahdan infrastruktur pendidikan.

Dari beberapa manfaat dan fungsi Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) terbukti dapat memberikan kemudahan proses pembelajaran serta peningkatan kualitas yang lebih baik jika pemanfaatannya juga digunakan dengan sebaik mungkin.

 



[1] Umar, “Teknologi Informasi dan Komunikasi: Kedudukan dan Peranannya dalam Pendidikan,” Ri’ayah 1 (Desember 2016): hal 23.

[2] Umar, hal 223.

[3] Bambang Warsita, Teknologi Pembelajaran (Jakarta: Rineka Cipta, 2008), hal 134.

[4] Christiani Isminati, “Penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi Dalam Peningkatan Kualitas Pembelajaran,” FIP Universitas Negeri Yogyakarta 1 (Univ Negeri Yogyakarta): hal 4.

[5] Christiani Isminati, hal 9-10.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar